10 Tahun Lebih Jadi Bloger Dapat apa?

Tidak terasa  banget bagi aku pribadi bahwa sudah 10 tahun lebih aku melakukan aktivitas menjadi seorang bloger, ada banyak keluh kesah yang aku rasakan selama ngeblog. aku mulai menulis di blog pada tahun 2012 tepatnya pada 6 Oktober. Awalnya memang iseng membuat tulisan di blog. 

Blog memang belum terkenal pada zaman itu tidak seperti saat ini. tapi peminat baca saat itu lebih banyak dan aktivitas ngeblog tahun 2012 itu sesuatu yang membanggakan. Aku memang orangnya suka dengan hal baru, jadi aku mencoba menulis di blog,  pada saat itu aku masih duduk di bangku SMA kelas 1. Aku memang memiliki  hoby menulis saat masih SMA kegiatan menulis memang sudah menjadi rutinitas bagiku.

Dunia tulis menulis sudah tidak asing, aku ikut ekstrakulikuler Mading dan KIR. aku sering mendapatkan peghargaan, pernah aku tuliskan juga di blog ini tahun 2013 tentang hari sial hari keberuntungan. 

wait, aku ceritakan pengalamanku, jangan bosan ya baca ceritanya.

aku ngeblog tidak pernah mengharapkan dapat apa-apa bagiku aktivitas ngeblog murni sebagai sarana untuk aku mencurahkan isi hatiku, jadi wajar banget kalau isi blog yulia agisni ini isi nya gado-gado karena aku lebih suka membahas sesuatu yang menarik bagiku. 

Sepuluh Tahun aku ngeblog aku cuma punya  tulisan di  diblog hanya 75 judul,  jangan kaget!! karena bagi  aku menulis bukan mencari nafkah atau mencari pundi-pundi uang gaes, murni karena kegabutan aku aja. 

Mulai belajar tentang SO dan dsain template pada saat naik kelas 2 SMA itupun  tidak paham-paham banget, karena aku belajar otodidak , aku juga mengajak temenku untuk ikut menulis dan membuat blog, sangat disayangkan  yang bertahan di dunia blog cuma aku seorang, sedihhhh..

aku juga masih setia dengan blog gratisan belum punya domain pribadi . pajang banget perjalanan sampai aku punya domain sendiri.  

tulisanku banyak yang di minatin membaca saat itu, jadinya aku sering menulis artikel lepas dan aku kirim ke beberapa media. beberapa tulisanku dimuat, mulai dari cerpen dan puisi. pernah juga tulisanku di kutip oleh seorang selebgram terkenal dan sempat di tandai di istagram pribadiku.

saat masuk kuliah aktivitasku mulai padat jarang sekali aku menulis di blog mungkin bisa di hitung 1 bulan bisa satu kali aku post, bisa juga satuu tahun hanya satu tulisan.  pada saat 4 tahun ngeblog aku mulai coba daftar google adSense. Aku lupa tanggal berapa aku mendaftarkan diri jadi bagian dari AdSense, tanpa menunggu lama AdSense akhirnya menerima blogku untuk di tempatkan iklan, awalnya seneng bangett gaes.!! 

saat itu aku mulai rajin menulis, biar dapat cuan!! tapi itu tidak bertahan lama karena aktivitas yang padat dikampus ,beberapa bulan aku tidak pernah menulis. aku disibukan dengan praktik dirumah sakit, organisasi yang banyak banget. saat kuliah aku mengikuti lima organisasi ( BEM. UKMI, Earth hour Mataram, BSMI,  dan APIIK).  

Menulis jadi sampingan bagiku, saat banyak kesibukkan  banyak juga job menulis yang menghampiri. Aku juga mulai mencoba untuk menulis di situs yang berbeda mulai dari wedpress, kompasiana.  

pernah jadi jurnalistik tahun 2017 di media yang cukup terkenal tapi tidak bertahan lama, hanya beberapa bulan aku mengundurkan diri, alesanku saat itu karena sibuk menyusun skripsiku. ditahun yang sama aku jadi pemegang website resmi BSMI NTB.  pada saat gempa tahun 2018 di lombok, aku aktif menulis berita harian untuk  informasi seputar gempa di NTB.   

sepuluh tahun di blog dapat apa?

pertanyaan yang banyak sekali ditanyakan kepadaku.

  • aku bayak kenal dengan orangg -orang hebat melalui blog, sering ikut lomba  menulis di blog.
  • banyak job yang datang, menulis itu susah harus butuh ekstra membaca yang banyak baru bisa merangkai banyak kalimat. 
  • aku bisa dapat informasi yang banyak, dan bisa berbagi informasi juga kebanyak orang.
  • yang terpenting dapat uang hehe., 

Bagi penulis pemula di dunia blogg jangan bosan menulisnya, luruskan niat untuk berbagi, karena sekarang sangat dimudahkan banget ya menulis, gak kayak aku dulu harus ke warnet baru bisa buka blog. hehe 

untuk dsain template aku cuma beberapa kali ganti, aku lebih fokus ke  artikel.  jarang banget aku berhatiin dsain blogku.

kapan-kapan aku bebagi tulisan tentang template yang gratis dan berbayar. cara pemasangannnya juga di blog.. maaf nih tulisanya ttidak beraturan banget..  

yulia agisni
yulia agisni Hanya seorang penikmat sastra

3 komentar

  1. Kalo ini mah udah blogger kawakan mbak, hehe

    Lanjutkan terus karyanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, kunjungi juga blog pribadiku ya, kangizza 😁

      Hapus
    2. Terimakasih, nanti sy akan kunjungi blog side. Baru pemula

      Hapus
label
advertise