"Jadikan Masalah Sebagai Motivasi Hidup"


Setiap manusia pasti memilik masalah dalam hidupnya, setiap individu pasti berbeda permasalahnya. ada yang di uji dengan keluarga, kondisi sakit, hutang , pendidikan dan lain-lainnya. setiap orangpun berbeda cara menyikapi setiap masalah yang menghampiri mereka, ada yang tenang , gundah dan lainnya sebagainya. 

Yang lebih uniknya ada sebagai orang yang diberikan ujian ia malah semakin bertambah bahagia, dan menjadikan dirinya lebih baik dari sebelumnya. inilah hidup dengan segala keriuhannya. kita harus banyak belajar dari mereka yang menjadikann masalah sebagai suatu motivasi untuk terus bangkit menjalani hidup lebih baik. ketika ujian datang menghampiri secara bertubi-tubi tampa kenal lelah dan ampun, kita jangan dulu menyerah . kita boleh mengeluh tapi tidak menyerah, karena masalah akan mengajarkan kita lebih kuat lagi untuk menjalani hidup. 

Seperti kisah nabi Yusuf . Nabi Yusuf yang diberikan anugrah oleh Allah subhawata'ala , ia diberikan jabatan , sebelum itu beliau diuji dulu oleh Allah ta'alla ujian dasyat yang beresiko kematian. dimanapun orang hebat berada, sangat memancing kedengkian orang-orang yang memiliki hati sakit. itulah yang terjadi pada nabi Yusuf saat saudara-saudaranya memiliki hati yang sakit terhadap nabi Yusuf. mereka berencana membunuh nabi Yusuf, mereka bersepakat membuang nabi Yusuf disumur. setelah itu nabi Yusuf di uji lagi dengan fitnah yang maha dasyat , ia di fitnah oleh majikan perempuannya, ia dituduh telah memperkosa majikan perempuannya yang mengantarkan Nabi Yusuf masuk penjara, walaupun begitu banyak ujian yang menimpa beliau, beliau tidak menyerah dan tunduk pada masalah. bertahun-tahun nabi yusuf mendekam di penjara. hingga datangnya mimpi sang raja yang hanya dapat ditakwilkan oleh nabi Yusuf. begitu raja mengetahui kelebihan nabi Yusuf , maka Yusuf dipanggil dan dinobatkan sebagai salah satu menteri raja. Jangan pernah kita melihat sisi jabatan tinggi yusuf saja. namun juga harus melihat ujian dahsyat dalam masa-masa sejak kecil hingga sesaat sebelum diberi jabatan tersebut. 

Kisah nabi yusuf ini menjadi pelajaran yang bagus untuk kita ikuti, setiap masalah pasti ada jalan keluar asalkan kita tidak menyerah dan berputus asa, semasih ada jatung masih mampu berdetak, maka masih ada harapan untuk hidup yang lebih baik. 

Ada beberapa cara yang sama-sama bisa kita lakukan ketika kita mulai dilanda masalah: 1. berdoa 

berdoa adalah saran kita berkomunikasi dengan sang maha kuasa. jadi alahkan baiknya kita mengeluh segala permaslah kita kepada sang kuasa , agar hati kita lebih tenang. dan bermohon agar selalu di berikan kekuatan untuk menghadapi segala permasalah yang sedang kita hadapi.

 2. Tetap Tenang 

Setelah belajar dari kesalahan, kita tidak boleh panik dan harus tetap tenang dalam menghadapi masalah agar pikiran tetap jernih. yakinlah bahwa ujian adalah bentuk cinta allah kepada hamba-Nya. Dengan memiliki keyakinan tersebut, niscaya dapat menghindarkan kita dari kondisi mental, atau pikiran yang stres dan penuh emosi, yang hanya akan menghalangi untuk mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah. Yakinkan diri bahwa setiap perkara itu mempunyai awal dan akhir. Berusahalah untuk mengetahui mana hal yang harus di dahulukan dan mana hal yang kemudian. 

3. Berpikir Positif 

Selalu milikilah prasangka baik dan pemikiran positif dalam segala kondisi, sekalipun saat menghadapi permasalahan hidup. Milikilah pemikiran bahwa setiap masalah atau cobaan yang kita alami adalah salah satu cara Tuhan lebih baik, untuk menjadikan kita orang yang lebih baik dari sebelumnya. 

semoga kita bisa menyelsaikan masalah hidup dengan tetap semangat dan tidak menyerah.
yulia agisni
yulia agisni Hanya seorang penikmat sastra

2 komentar

  1. Sip memotivasi, jangan lupa mampir ke dizhaowa.com👍🏼

    BalasHapus
  2. Ya asal jangan hidup buat cari masalah ya 😚

    BalasHapus
label
advertise