Berbagi untuk Bahagia

 


Hujan-hujan enaknya ngapainnyan?,

Rasanya hari ini mengebu-ngebu rasa ingin menulis cerita tentag jejak perjalananku. Beberapa bulan tidak pernah menulis di blog kecilku ini. Alesan dalam diri sih karena sibuk mengurus kerjaan dan organisasi faktanya lebih banyak sibuk rebahan.  Hari ini aku berniat menulis sebuah cerita tentang pengalamku beberapa hari ini sih, tempatnya pada hari Rabu, 8 Februari 2023 dimana aku sudah berjanji kepada temenku untuk mengunjuki sebuah MTs atau SMP ya di daerah tidak jauh dari tempat tinggalku.

Pagi ikut sekitar pukul 08.00 aku sudah menghubungi temanku yang mengajar disana, tapi sampai jam 08.30 dia tidak mengkat telponnya, hpnya tidak bisa dihubungi. Aku Whatsapp seorang teman namanya Santi untuk menemaniku berkunjung ke MTs NW Joga. Karena sudah beberapa menit tidak ada kabar dari temanku itu, aku berinisitif menjemput teman yang akan bersamaku ke MTs itu.

Sesampai dirumah temanku itu ternyata dia sudah siap he,dan sudah lama menungguku kedatangkanku . Ia sudah lama menunggu ku disana. Kami masuk keruangan kepala sekolah , hari ini agendaku ke MTs NW Joga untuk memberikan motivasi agar mereka tetap semangat sekolah dan tidak  menikah muda. He

Sesampai diruang kelas, ini membuatku tercengak bagaimana tidak , siswa hanya dua orang dalam satu kelas, kelas dua dan kelas tiga MTs. Hanya ada hanya empat oang siswa yang masuk hari ini ,dan ini gabungan dari kelas dua dan tiga bisa dibanyakna kemana siswanya beradaa. Aku tanyakan temenku yang mengajar disana .

“siswanya kemana?” tanyaku

“cuaca dari tadi tidak mendukung, anak-anak banyak yang tidak mau masuk, total siswa disini ada 30 orang tapi yang masuk kadang 2-6 orang”  jawabnya kepadaku .

Sangat disayangkan hal ini bisa terjadi , padahal pendidikan sangat penting untuk diri kita sendiri. Hari itu adek-adek banyak ku berikan motivasi tentang pentingnya pendidikan, memberikan mereka energi positif untuk terus bertumbung apapun yang sedang mereka rasakan. Aku juga punya perjanjian dengan mereka untuk medukung mereka dalam meraih cita-cita akan membimbing mereka untuk ikut komptensi.

Semangat mereka mulai terlihat di bening bola mata mereka, semangat hidup mereka mulai terlihat. He aku sangat bahagia bisa mengantarkan energy positif dalam diri mereka. Insyaallah sekolah ini akan menjadi sekolah bimbinganku. Hari sabtu, 11 februari aku berjanji kemeraka untuk datang lagi membawa beberapa buku motivasi agar mereka bisa terus semangat dalam menuntut ilmu.

Saat pulang disana aku melihat ada TK juga, siswanya lumanya ada 30 siswa yang aktif di TK itu. Jadinya aku berinisitif untuk memberikan sumbangan buku saat aku datang kesini lagi.

Sabtu kembali lagi

 

Hari sabtu sekitar jam 09.10 menit aku kembali lagi ke MTs NW Joga hari ini aku bersama adikku. Karena adekku sering ikut meramekan kegiatan yang ada disana.  Kami kesana dengan membawa beberapa buku yang sudah saya janjikan kepada adek-adek MTs dan beberapa buku menggambar yang sudah aku siapkan untuk aku berikan di TK NW Joga tersebut.

Sesampai disana aku bertemu dengan guru TK NW joga , berbicara tentang awal berdirinya TK ini,  TK ini dibawah naungan yayasan ya. Heh.  Adek-adek TK sangat antusias dengan kedatanganku. Mereka bahagia melihat orang baru yang berkunjung ke sekolah mereka. Heheh aku juga ikut bahagia.  

Beberapa menit berbicara aku mintak izin dokumntasi pemberian bantuan buku gambar dan kerayon untuk diberikan adek-adek TK yang ada disana. Guru disana sangat bahagia saat tau akan diberikan buku gambar dan kerayon untuk siswanya, ia juga mengharapkan aku untuk bisa datang kesana untuk mengajar adek-adek yang ada disana, insya allah kalau ada waktu aku akan kesana untuk mendongeng.  Ada hal yang membuatku bahagia adalah bisa berbagi bantuan, aku sangat berterimaksih kepada semua donator yang telah memberikan kepercanyaan kepada aku untuk menyalurkan bantuan mereka ke orang-orang yang membutuhkan. Aku sangat menikmati hal ini.

Selesai itu aku pamit untuk berkunjung ke MTs ya , saat mau keluar aku melihat ibu-ibu yang berjualan diamping musholla tempat anak TK belajar. Aku mendekati ibu itu sambil melihat dagangan yang dijual.

“bu jual jajan apa ajak” ungkapku

“hanya jual jajan untuk anak-anak soalnya , siswa disini sedikit bu jadi saya hanya bawa seadanya” ungkapnya

“ibu sehari dapat berapa” tanyaku kembali

“15 ribu paling banyak bu” ungkapnya.

“bu saya beli semua jajanya, untuk dibagikan kesemua siswa yang ada disini dan di MTs juga”

“masyaallah bu baiknya pelungguh ini” sambil menghitung semua jajan yang akan disiapkan untuk aku.

“terimakasih juga bunya, hanya kesempatan sajan bisa berbagi sedikit rizki bu”

 

Mungkin ada hal yang tidak bisa diungkapkan saat berbagi , ada rasa puas dalam dirikita buka Karena kita orang tapi karena kita mmapu diberika allah untuk saling menolong dan saling memberi.

“terimakasih untuk orang-orang baik yang berada dimanapu, semoga diberikan kesehatan”

sampai disini ceritaku besok kita lanjutlagi..!!!

 

 

yulia agisni
yulia agisni Hanya seorang penikmat sastra

Posting Komentar

label
advertise